TUTORIAL RAM SWAP (Virtual Memory) Di OPPO FIND 5 MINI

Mungkin banyak dari kalian yang mencari-cari trik atau cara meningkatkan ram pada gadget android anda. Sebelumnya kita jelajahi maksud dari Virtual Memori itu sendiri. Sesuai dengan namanya, “Virtual Memori” berarti :

Memori : Ruang penyimpanan
Virtual : Tiruan / tidak nyata.

Jadi Virtual Memori itu adalah sebuah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari Memori Sekunder yaitu SD Card, sifatnya seolah-olah ia menggunakannya sebagai memori internal/utama (RAM) fisik yang terpasang di dalam sebuah sistem HP. Sistem ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam SD Card yang disebut dengan swapfile.


A. Pengertian SWAP

Swap, kalo diartiin ke bahasa artinya adalah tuker. Di android Swap memiliki arti yg sama, dengan penjelasan : Swap berfungsi sebagai Virtual RAM dimana tugasnya menyimpan [Tuker] aplikasi yang ada di Belakang [Background/Ngumpet/Gk Aktif/Bekas dipake].

Contoh kasus:
-RAM 512MB Swap 256MB.
-Aplikasi Aktif Facebook 50MB
-Pencet Home terus buka Asphalt8 450MB [Facebook Jalan di belakang]
-Karena sisa ram gak cukup, maka facebook yg 50MB tadi otomatis masuk Ke SWAP.
-ini berarti masih ada sisa pisikal RAM yg kosong supaya dimaksimalkan oleh asphalt8 tadi.


B. Apa untungnya Pake SWAP?

Jika partisi swap mencukupi, semua aplikasi yang masih bisa di handle oleh RAM & SWAP tidak akan Restart.
Contoh kasus:
-Buka Chrome 6 TAB masing2 tab buka situs yg berbeda.
-Pencet Home
-Buka aplikasi lain [notepad kopas tulisan dll]
-Balik ke Chrome.
-Apa yg terjadi?

Kalo gk pake Swap, tiap TAB di chome akan me-reload [refresh/download ulang halaman], sementara bagi yg pake SWAP, tab chome akan tetap seperti apa yg terlihat sebelum kita tinggalkan tadi.

dari kasus chrome tadi, tentu kita diuntungkan dengan adanya penghematan bandwith karena halaman tidak di download ulang.


C. Apa Ruginya pake SWAP?

Melalui perkembangan teknologi, Swap bisa dilakukan bukan cuma di SDCARD aja, bisa juga di partisi /cache /data /system [experimental, dont try this at home :p]

-Bagaimanapun bentuk class dari SDCARD kalian, kemampuan R/W [read write/baca tulis] dibanding RAM sangat jauh ketinggalanya, contoh vgen yg biasa itu cuma 4MB/s. Efeknya akan berasa kalo manggil aplikasi yg sebelumnya kita gunakan, akan ada LAG/lemot beberapa detik karena aplikasi tsb berada di SWAP dan akan di pindahkan ke RAM. Sementara untuk kasus yg pake swap pake internal Memory /data /system /cache sedikit diuntungkan karena proses baca tulis lebih besar dari SD 14-20MB/s

-Swap memperpendek umur SDCARD/Internal?
dikarenakan proses R/W yg konstant/terus menerus, di khawatirkan akan menurunkan umur dari tempat yg di jadikan swap tsb, hal ini dikarenakan SDCARD/Internal [SSD] punya batasan berapa kali dia bisa baca tulis [life cycle beda2 ], sebelum terkena bad sector. misalkan dari normalnya cuma 10tahun jadi bisa 1tahun atau bahkan 30hari.

agak sulit emang kalo ngitung ginian, tapi sejauh yg ane tau, USB Flash Disk yg paling jelek aja punya batasan 10.000x baca tulis. misal kapasitas itu SD 1GB kita masukin file 500MB bukan berarti dia udah nulis 1x ato 500x, tapi kalo kita delet file di sd 500MB terus kita masukin lagi 500MB itu kehitung 1x, kenapa? karena write/erase cycle biasanya end to end / kalo ada file masuk, file yg dihapus belum tertimpa dengan file baru, melainkan di taro di belakang sector file yg tadi dihapus, kalo udah mentok semua baru dia delete / erase blok yg paling atas. btw mungkin ada yg lebih tau tentang lifespan ini disini.


NB:
-Aplikasi swap yg umum di gunain disini adalh RAM Expander, untuk yg gk mau swap pake sdcard bisa pake script init.d punya Delta Roh di XDA [bagi yg ngerti aja]
-Swappiness berarti kapan swap akan digunakan. swap 100 bearti semua aplikasi background akan di simpan di SWAP, swap 20 berarti jika ram sisa 20% maka swap akan digunakan untuk menampung aplikasi background.

----------------------
FIRST OF ALL : 
- Backup via CWM (ada tutorialnya disini ) or backup from anything else, untuk sekedar jaga2.. dan ada baiknya anda juga Membackup seluruh Data, baik itu di Internal, Phone Storage, dan SD Card anda ke PC

RAM SWAP dengan RAM Expander

Cari dan donlot aplikasinya di Doc/Files Grup (--RAM_expander_v3.1.2--) : DISINI

Syarat agar bisa menggunakan Ram Expander untuk swap Memory :

1. HH android harus di root.
Kenapa harus di root? Karena aplikasi ini meminta akses rooting.
Baca Tutorial cara Root : 

http://cusromandroid.blogspot.com/2014/09/CARA-ROOT-OPPO-FIND-5-MINI.html

2. Menggunakan kernel yang sudah support swap.
Kabar gembiranya Color OS F5M dah suport swapping RAM.

3. Menggunakan SD Card class 6 ke atas.
SD Card memiliki class masing-masing. Semakin tinggi class pada SD Card maka akan semakin tinggi pula kualitas untuk dijadikan swap (virtual memory).


Cara Menggunakannya :

1.Install aplikasi RAM Expander seperti biasa. Setelah itu buka aplikasinya.

2. Atur SwapFile sesuai dengan yang anda inginkan dengan aturan sebagai sebagai berikut :

(Klik pada angkanya, dan ketik)

512 MB = 50 swappiness,
1024 MB = 50 swappiness,
2048 MB = 50 swappiness,
dan seterusnya.

MinFreeKB nya dibuat maksimal saja (96MB), geser cursor ke bagian paling kanan,

3. Setelah itu, centang bad kernels, notify icon, autorun, dan terakhir SWAP ACTIV dicentang..

nah pada saat ini akan ada proses creating swap file, agak lama prosesnya, saya sarankan agan merokok atau buat kopi dulu biar nggak bete nungguin.

5. Jika proses pembuatan swap sudah selesai, pilih close. jangan dipantengin aja.
Secara system memang RAM tidak akan kelihatan bertambah atau tetap. Akan tetapi jika di lihat dengan menggunakan aplikasi widget RAM Expander itu sendiri maka akan kelihatan Swap RAM berjalan layaknya RAM android.

Catatan : tested di F5M ane, tutor diambil dari prof gugel, yg kurang jelas lgs tanya ke prof gugel ya biar nambah pinter.

RAM MANAGER PRO

Sebagai Alternatif, selain menggunakan RAM Expander agan juga bisa menggunakan RAM Manager Pro, namun kemampuan swap nya terbatas hanya hingga 256MB saja..


Download aplikasi (--RAM_Manager_Pro_5_3_0.apk--) DISINI


Cara menggunakan Ram manager pro :

1) buka aplikasi ram manager pro yang udah di instal

2) pilih tool sesuai keinginan anda,lalu klik yes

keterangan dari tool yg tersedia :
-) Balance : tool ini menyeimbangkan peforma android pada semua bidang yang anda jalankan.
-) Hard gaming : tool ini memfokuskan / menambah peforma android dalam bermain game.
-) Hard multitasking : tool ini memfokuskan / menambah peforma android dalam berkerja secara bersamaan,contohnya : bekerja dan juga bermain game, atau menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

3. Selesai.....jika anda ingin menambah ram anda bisa lanjutkan ke langkah berikutnya.


4.Pilih menu Swap file yg berada di bawah,lalu pilih jumlah ram yg ingin ditambahkan. (maximal 256 MB) lalu tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan selesai.

keterangan : Swap file ini berguna untuk membuat virtual memory yg berguna untuk menambah jumlah ram. Besarnya jumlah ram yg ingin ditambah sebagai gantinya mengurangi kapasitas SD card yg anda miliki.

NB :
Semua tindakan yang akan dilakukan berdasarkan tutorial diatas, ditanggung sendiri resikonya, document ini ditulis hanya untuk berbagi pengalaman, dan karena sudah saya coba dan berhasil..

Semboyannya tetep sama ya guyz..
Do It With Your Own Risk.. and Be A SmartPhone Smart User..


Thanks to :

Dare Evolution for RAM Expander Tutorial,
Hendri for new RAM Expander version v3.1.2,
Irfan Muhammad Rusdianto @komunitas-oppo-find-muse-indonesia,
Mbah Google for Everything
Back To Top