Cara Mengembalikan Pin BBM ke Pin Semula

Tutorial Cara Mengembalikan Pin BBM ke Pin Semula setelah ganti rom SmartPhone

Ia terlalu sering memainkan ponselnya.kadang-kadang Udin lupa makan. Waktu tidurpun kemalaman. Kamalaman sekalibahkan. 

Bila ada rom baru, segeralahmengunduhnya. Mencici, serta mengucapkan: “Ane unduh dulu ya gan,” di kolom komentar.Bilamana ada suatu kejanggalan yang ia temui, kepalanya pusing. Orang-orangmenyebutnya bug.

Namun karena keseringan menggunakan ponselbermerek cross a7s itu, ia akhirnyalumayan paham tentang mengatasi bug. Apalagi,bila ia dilanda krisis ram, ia punkhawatir pula. Sebab ia bisa mengatasinya dengan ram manager, disable service,greenify, tweak dan sedikit pengeditan di build.prop.

Pun paling disyukurinya yaitu, ia berhasilmengembalikan pin blackberry messenger(bbm) lamanya yang hilang. Sebut saja yang demikian adalah pin cantik, yangpertama kali ia sebarkan ketika membeli ponselnya itu.

Bagaimanalahpenulis ini menyampaikan kisah keberhasilannya? Ia akan bercerita ketika ponselnyamengalami masalah yang fatal.

Mula-mula ia mencicipi custom rom yang baru saja diunduhnya. Tetapi ternyata ponselnya mengalamibootlop. Ia pun terpaksa menggunakan Splashtool untuk mengembalikan ponselnyaitu. Meski ia paham masih bisa diatasi via cwmdan twrp. Namun ia berpendapat bahwaponselnya itu juga butuh penyegaran.

Usai melakukan flashing, ia langsung saja menuju play store di ponselnya. Saat mengunduh bbm, ia tak berhasil. Mengawang-ngawanglahia sejenak, dan akhirnya menemukan ide.

Adalah menghapus ip address dan port sim cardsolusinya, yang berlokasi setting, lalumenuju ke bagian wireless & networks,mengklik more, mobile network, access pointname, salah satu sim operator yang digunakannya, lalu membuka bagian gprs kemudian menghapus sesuai ide yangbaru saja ditangkapnya.

Braaak.

Ia kaget. Saat membuka bbmnya itu dan login dengan id biasanya, ia takmenyangka ternyata pin bb lamanya pun kembali. Bersyukurlah dia. Bagaikan manusiayang terlahir kembali. Tanpa dosa. Sebab, bila ganti rom, pasti pin bbmnyaberubah.

Udin lalu mencari cara agar hal ini tidaklahterjadi kembali. Mula-mula, Ia root ponselnya menggunakan framtoot. Lalu, setelah itu dipasangkannya pula aplikasi titanium backup yang sengaja ia buatmenjadi pro menggunakan lucky patcher.

Ia pun mencadangkan bbmnya itu. Menurutpemahamannya, bilamana ia ganti rom, dengan muda pula ia mengembalikan aplikasibbmnya serta data-datanya. Ia pun mencobanya dan akhirnya caranya berhasil. Pinbbm tetap, dan bebas ganti rom. Sesuka hati.
Suatu ketika, ia kehilangan backup bbmnya itu. Kepalanya pusing. Lebihpusing bahkan. Ia lalu mencari cara bagaimana mengembalikan pin bbnya tanpamemikirkan file yang telah dicadangkannya.

Pemuda ini hanya bisa pasrah. Bilamana gonta ganti  rom, ia tak perduli lagi pin bbmnya berubah. Meski,ia tahu titanium backup bisa membantumempertahankan pin bbmnya yang boleh dikatakan elok, namun apalah daya, semuasudah terlanjur membuatnya sakit hati. “Ah, kok bisa seperti  ini,” Udin sering mengawang.

Beberapa saat kemudian, ketika menginstallbbm paska ganti rom, ketika itu pula ia memperhatikan betul kata-kata: “Pin bbmanda telah dirubah”. Ia iseng menekan canceldan tak memperdulikan Switch bbmseperti yang ia lakukan sebelum-sebelumnya. Setelah dibukanya kembali, ternyatapin sebelumnya tak berubah. “Andai saja saya tahu begini solusinya, takpayahlah saya gunakan titatium backup,”pikir Udin.

Dua hari kemudian, ia teringat akan sesuatu. “Stockrom kan sama dengan hasil flashing Ulang,” katanya, “barangkaliini bisa membantu mengembalikan pin bbm saya”. Diunduhnya lah stockroom cross a7s jelly bean 4.1.2.

Duar

Ia ternyata berhasil ketika menginstall bbmkembali. Ya, pin bbm yang pertama kali iya gunakan kini telah kembali lagi. Ia lalumencoba customrom koleksinya. Sepertibiasa, ia menginstall bbm di play store.Bukan melalaui titanium backup.

Hati berdetak, “Apakah pin bbm saya berubahatau tidak ya bila mengklik ‘cancel’. Bukan Switchbbm?,” Udin terus bertanya-tanya kepada dirinya sendiri.

Setelah melakukan hal demikian, ia mendapatipin bbmnya tetap, atau bahasa lainnya masih tak berubah. Sungguh ia bersyukurkepada sang pencipta. Tuhan semesta alam. Ia lalu membuka fesbuk dan membuatstatus: “Alhamdulillah, pin bb saya pulih
Tag : Tutorial
Back To Top