Tutorial Cara Instal CWM dan BackUp Rom melalui CWM Recovery

Cara Install CWM dan Backup ROM Android Melalui CWM Recovery


Kenapa sih kita diharuskan membackup ROM? 

Jelas beda. Jadi kembali lagi ke kata pokoknya, "Backup", yaitu membuat cadangan untuk berjaga-jaga atau sekedar untuk koleksi.

Backup ROM sangat berguna bagi anda yang suka menggonta-ganti ROM atau suka bereksperimen dengan beraneka ragam tweaks android yang bisa menyebabkan resiko bootloop & semacamnya. Bila suatu saat terjadi bootloop, anda tidak perlu lagi bolak-balik ke google mencari cara memperbaiki android yang bootloop, bila anda sudah mempunyai backupan ROM.

BAHAN INSTAL CWM DAN BACKUP ROM MELALUI CWM RECOVERY :

  • SYARAT UTAMA HH HARUS SUDAH DALAM KEADAAN ROOT..!!!   
  • Pertama kali yang harus kita persiapkan sebelum backup ROM melalui CWM Recovery, tentu saja CWM nya. Untuk anda pengguna Oppo Find 5 Mini silahkan donlot “R827cwmrecovery.img” dari link dibawah ini, dan taruh di SD Card (diluar atau di menu utama SD Card dan tidak di dalam folder apapun).  

https://www.dropbox.com/s/a3qfsnlasidrhnn/R827cwmrecovery.img
  • Install “MobileUncleTools” di HH anda, bila belum terinstall di HH anda, silahkan donlot dari link dibawah ini :

https://www.dropbox.com/s/ojxq0q7xztidjoa/Mobileuncle%20Tools-2.9.9.apk
  • Membuat backupan ROM memerlukan kapasitas memory yang tidak sedikit. Anda pasti tahu berapa ukuran ROM android anda yang sebenarnya. Misalkan 400MB. Maka persiapkan kapasitas memory SDCard anda paling tidak dilebihkan 100MB dari ROM aslinya (sekitar 500MB+), NB: HP Saya File Backup nya sampai 2GB karena banyak data dan aplikasinya, masing2 individu berbeda-beda keperluan dan kapasitas backupannya.  
  • Isi baterai android anda kurang lebih 70% karena backup ROM itu memakan waktu yang banyak sekitar 5 sampai 10 menit.   


Cara Masuk CWM dan Membackup ROM Android Melalui CWM Recovery.



Pertama masuk ke "CWM Recovery Mode". Cara masuk ke Recovery Mode (CWM) setiap handphone berbeda-beda. Saya anjurkan menggunakan aplikasi MobileUncleTools  yang sudah anda install tadi, buka aplikasinya, jika ada permintaan akses root SuperSU nya ijinkan/grant. Didalam menu MobileUncleTools, pilih submenu Recovery Update, klik, lalu lihat di pilihan Recovery File in SD Card dan pilih R827cwmrecovery.img, klik, pilih ok, reboot into recovery mode, klik ok. Dan anda akan dibawa ke menu CWM Recovery mode


Sesudah masuk ke CWM Recovery (Gunakan “Tombol Volume” untuk menaik-turunkan cursor dan “Tombol Power” untuk ok), pilih backup and restore, selanjutnya klik backup (tulisannya hanya “backup”). Klik ok dengan “Tombol Power”


Tunggu sejenak hingga proses demi prosesnya hingga selesai, setelah selesai membackup, anda pilih "go back" hingga ada tulisan"reboot now", dan klik untuk reboot hp anda, bila berhasil anda bisa melihat file backupannya tersebut melalui File Explorer di folder SDCard/clockworkmod/backup.
Tag : Tutorial
Back To Top